hati-2 jk kotoran kelinci lembek & bau, pemberian rumput musti dilayukan


iwalyfa 27 Maret 2010 pukul 5:10 am

pak, mw nanya nih..
kelinci saya umur hampir 2 bulan. Tiap hari saya kasih makan pelet tiap pagi n ksh wortel 1 batang tiap sore truz malam ksh rumput sedikit. Dr kemarin kotoran kelinci saya berwarna hitam gelap dan agk lembek tidak sekeras biasanya. Apakah itu normal?kelinci saya masih mau makan dan dari sikapnya sehari – hari hampir tidak ada perubahan. Terimakasih

Kabar Kelinci Indonesia 27 Maret 2010 pukul 5:05 pm

kalau lembek, apalagi bau, itu harus waspada. Bisa jadi terkena enteritis. Apakah sudah diperiksa kebersihan rumput dan basahnya rumput? banyak dipengaruhi oleh kotoran. Tetapi lembek bukan berarti pasti fatal, sebab terkadang kadar penyakitnya sedikit sehingga sembuh sendirinya. Periksa juga kotoran dari pihak luar seperti tahi/kencing tikus.

iwalyfa 28 Maret 2010 pukul 3:23 pm

belakangan ini saya tidak kasih rumput karena kondisi kota saya yang terus menerus hujan sehingga saya tidak bisa mengambil rumput untuk diberikan kepada kelinci. Jadi sementara saya memberikan kelinci saya pellet kelinci.
Saya sudah memberikan obat mencret kepada kelinci selama sehari. Apakan pemberian obat itu gpp?rumah saya tidak ada tikus karena saya menaruh kandang kelinci dalam rumah tidak digarasi rmh. Kotoran kelinci saya tidak lembek bangt cm agk lembek pak. Bau kaya`y ga bau” bngt pak. Seperti itu apakan cm penyakit sementara?thx

Kabar Kelinci Indonesia 28 Maret 2010 pukul 3:39 pm

pakan normal kelinci yg nyaman sebenarnya rumput. Kalau terlalu banyak karbohidrat atau komponen pakan padat dan kurang serat ya pasti biasanya gangguan pencernaan, entah sedikit atau akut. terutama pada anak kelinci dibawah 3 bulan kekurangan serat (dalam hal ini rumput) sangat tidak baik. Saran kami tetap berikan rumput. Kalau rumput kehujanan layukan saja sampai kering. Musim hujan ini banyak keuntungan dimana kita bisa menimbun rumput sampai 1 hari. Misalnya kemarin merumput, berikan sore tadi. Aman saja, asal jangan habis merumput langsung diberikan.

Categories: dialog seputar kelinci | Tags: | 5 Comments

Post navigation

5 thoughts on “hati-2 jk kotoran kelinci lembek & bau, pemberian rumput musti dilayukan

  1. pak, tiap hari kelinci saya, saya beri.wortel atau jagung, umurnya 2 bln . sebelumnya tdk ada masalah, tp tb2 kotoran nya berwarna merah bata . itu knp, pak?

    • waduh, saya jadi bingung nih soalnya saya bukan pakarnya kelinci. Utk tips-2 kelinci yg saya posting itu hanya saya ambil dari rangkuman posting teman-2 di komunitas kelinci agar kita bisa sama-2 belajar dan mengambil manfaatnya bersama, coba silahkan gabung di fb komunitas kelinci yg banyak beredar, mereka akan siap membantu. Sekali lagi mohon maaf jika saya tdk banyak membantu karena saya juga baru pemula dalam hobby kelinci ini…tks

  2. Kenapa kok air kencing kelinci saya kadang berwarna orange,orenge ke merah merahan,atau putih?

    • Air kencing berwarna tergantung pakan yg diberikan, jk dikasih wortel pasti berwarna orange, sebetulnya tidak masalah sepanjang kelinci terlihat lincah dan sehat

      • Itu berarti tergantung pada makanan yg diberikan, misal sering diberi wortel maka air kencingnya akan berwarna orange, sepanjang kelincinya sehat tdk masalah.

Leave a Reply

Blog at WordPress.com.

